. "Motherboard dan Mikroprosesor"

Selasa, 12 April 2011

"Motherboard dan Mikroprosesor"

Mengapa motherboard sangat penting dan apa saja jenis-jenis chip mikroprosesor?
Motherboard atau system board adalah papan sirkuit utama pada unit sistem komputer. Motherboard berbentuk sebuah apapn datar yang dipasang di satu sisi casing dan terdiri dari komponen-komponen serta soket atau slot yang semuanya telah terpatri dan tidak bisa dipindahkan. Terdapat pula komponen-komponen yang bisa dicopot pasang di slot sehingga bisa dipindah-pindah, semisal chip mikroprosesor, chip RAM dan kartu ekspansi.
Dengan adanya komponen-komponen yang bisa dipindah-pindah, kita dapat dengan mudah melakukan ekspansi atau upgrade komputer. Ekspansi berupa peningkatan kapabilitas komputer dengan cara menambah perangkat keras baru agar mampu melakukan tugas-tugas di luar cakupan sistem yang telah ada. Misalnya dengan menambahkan kartu suara atau kartu video. Sedangkan upgrade derarti mengubah komputer menjadi yang lebih baru atau lebih canggih. Contohnya dengan menggunakan chip mikroprosesor atau chip memori yang berkapasitas lebih besar.
Chip mikroprosesor merupakan otak dari sistem. Mikroprosesor merupakan sirkuit mini dari prosesor komputer dan terletak di chip silikon kecil. Mekroprosesor menyimpan instruksi-instruksi program untuk memproses atau mengubah data menjadi informasi.
· Transistor (komponen utama sebuah chip), transistor merupakan bagian tepenting dari mikroprosesor. Transistor adalah peralatan elektronik yang bersifat seperti switch listrik mini yang bisa berganti-ganti “on” dan “off” untuk memproses bit on/off (0/1) sebagai representasi data.
· Chipset (Chip yang mengontrol informasi antar komponen sistem). Chipset terdiri adri sejumlah chip di motherboard yang saling terhubung dan berfungsi untuk mengontrol lalu lintas informasi antara mikroprosesor dan komponen sistem lain yang tersambung ke motherboard. Jenis chipset menentukan jenis prosesor, memori dan kartu video yang bisabekerja pada motherboard yang sama. Chipset juga berfungsi untuk menentukan perangkat keras multimedia, alat penyimpan, jaringan dan komponen-komponen lain yang bisa didukung oleh motherboard.
Mikroprosesor Mikrokomputer Tradisional. Saat ini, sebagian komputer pribadi hanya memiliki satu dari dua jenis mikroprosesor (PC atau Macintosh). Produsen chip terkemuka antara lain : Intel, AMD, IBM dan Motorola/Freescale.
· Prosesor jenis Intel untuk PC – chip Intel dan AMD. Sebagian besar PC masa kini memakai CPU yang diproduksi oleh Intel Corporation atau Advanced Micro Devices (AMD). Chip jenis intel memiliki desain internal yang serupa dan memang sengaja dibuat untuk berjalan di PC. Chip-chip ini digunakan pada berbagai mikrokomputer buatan produsen lain semacam Dell, Gateway dan Hewlett-Packard.
Sejak tahun 1993, Intel memasarkan chip buatannya dengan merk “pentium”, “pentium pro”, pentium II” dan “pentium III”. Beragam komputer baru masa kini biasanya menggunakan prosesor “pentium 4” (P4), “celeron”, “Xeon”, atau “Itanium”.
Nanitinya, bermacam prosesor intel untuk desktop maupun mobile akan tersedia dalam banyak kategori dengan nomor seri berbeda. Oleh karena itu, untuk Pentium Extreme Edition dual-core 840, nama tersebut tidak lagi mengandung rangkaian kata pentium dan 4 meskipun Extreme Edition adalah turunan dari Pentium 4.
· Produsen Motorola/Freescale dan IBM. Komputer Apple memiliki desain prosesor yang berbeda dari prosesor jenis Intel. Chip jenis motorola dibuat oleh Motorola dan kemudian dilanjutkan oleh anak perusahaannya, Freescale Semiconductor, untuk menjalankan komputer Apple Macintosh sampai generasi Apple Mac G4. Power Mac G5 Macintosh menggunakan rumpun prosesor PowerPC yang dulunya dikembangkan atas hasil kerjasama Apple, Freestone dan IBM. Kelebihan chip PowerPC adalah bahwa dengan konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak tertentu, sebuah komputer Macintosh dapat menjalankan perangkat lunak aplikasi PC seperti layaknya perangkat lunak Mac sendiri.
Mikroprosesor Prosesor Terbaru. Dua macam perkembangan chi berikut ini menghasilkan pengaruh yang luar biasa:
· Prosesor Intel untuk Macintosh. Pada pertengahan 2005, Apple mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri pemakaina produk-produk yang berbasis chip PowerPC dari IBM dan Freescale, dan nantinya akan menggunakan chip intel mulai akhir juni 2007. Agar program-program yang sudah ada tetap bisa dijalankan di Mac berbasis Intel. Apple berencana memperkenalkan program utilitas Rosetta yang mampu beradaptasi dengan program-program powerPC secara otomatis.
· Prosesor berinti banyak (multicore) untuk PC. Prosesor multicore didesain agar sistem operasi bisa membagi berbagai pekerjaanya pada lebih dari satu prosesor dengan dua “inti” prosesor atau lebih pada setiap keping silikon. Dengan adanya banyak inti, chip-chip tersebut dapat mengerjakan tugas dalam satu waktu.

3 komentar: